Home » » RAKOR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

RAKOR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Written By yurdinal ma on Jumat, 04 Mei 2012 | 19.29


Drs. H. Ismail Usman
Padang, FUKUS PASISIE, (4/5/2012)  Direktur Pendidikan Agama Islam Direktorat Pendidikan Agama Islam  Dirjen Pendidikan Islam Kemnterian Agama RI, Dr. H. M. Amid Haidary, M.Pd membuka secara resmi Rakor PAIS dijajaran Kanwil Kementerian Agama Propinsi Sumatera Barat di The Aliga Hotel Jln. MH Thamrin No.71 Padang.  Dalam kegiatan pembukaan tersebut juga dihadiri oleh Kasubdit SD Direktorat PAIS, Drs. H. Syafrizal dan Kakanwil, Kabid Mapenda dan Kasi-kasi dilingkungan Kemenag Propinsi Sumatera Barat. 

H. M. Amid Haidary menjelaskan bahwa, ada dua persoalan yang berada disekitar Pendidikan Agama Islam, yaitu : a) Bagaiman guru-guru Pendidikan Agama Islam tersebut meningkat dan berkualitas, baik kualitas kompetensi pedagogik, kompetensi profesional dan kompetensi sosial serta kompetensi kepribadiannya. b) Bagaimana kita meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam, dan inilah yang akan kita carikan formulasi-formulasi yang efektif, salah formulasi yang ideal saat ini adalah memberdayakan secara maksimal Pokjaws, MKMP dan KKG.

Kakanwil, Drs. H. Ismail Usman dalam sambutannya menyampaikan bahwa: Perkembangan baru terhadap pandangan belajar mengajar membawa konsekuensi kepada guru untuk meningkatkan kinerjanya dalam upaya meningkatkan pendidikan berbasis karakter. Salah satu upaya yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kinerja guru PAIS adalah melalui rapat koordinasi dan sosialisasi kinerja  PAIS serta pemberdayaan Pokjawas, MGMP dan KKG Pendidikan Agama Islam.

Ketua panitia, H. Artis Arjun melaporkan bahwa Disamping itu  H. Artis Arjun bahwa peserta rapat koordinasi berjumlah 105 orang yang terdiri dari 19 Kasi Mapenda Kemenag Kabupaten/Kota, Kasi Bidang Mapenda, Pokjawas, MGMP SMP, SMA/SMK dan KKK Pais. Sedangkan tujuan Rapat Koordinasi PAIS dilingkungan Kanwil Kementerian Agama Propinsi Sumatera dapat dicapai dengan optimal, maka beberapa hal harus menjadi pertimbangan kegiatan rapat koordinasi, yaitu ; (1). Penentuan kebutuhan pendidikan dan latihan yang komprehensif (2). Penetapan tujuan yang bersifat umum dan spesifik (3). Pemilihan metode (4). Pemilihan media (5). Implementasi Sosialisasi (6). Evaluasi. Dan melalui Sosialisasi ini diharapkan kinerja guru PAIS dalam upaya peningkatan mutu pendidikan berbasis karakter  dapat tercapai.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas saran dan komentar yang dikirimkan! Wassalam!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. FOKUS PESISIE. COM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger