Home » » Kepedulian Kakanwil Terhadap Peningkatan Mutu Madrasah

Kepedulian Kakanwil Terhadap Peningkatan Mutu Madrasah

Written By yurdinal ma on Senin, 16 April 2012 | 02.38


Painan, yurdinalma.blogspot.com, (03/2012)  Kepemimpinan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Sumatera Barat Drs. H. Ismail Usman di mata pratisi dan pemerhati pendidikan, Drs. H. Ismail Usman adalah seorang pemimpin yang sangat komit dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah dijajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Sumatera Barat, beliau bukan hanya mengajak kepala madrasah, guru madrasah bahkan dalam menciptakan pendidikan madrasah yang berkualitas, tapi beliau menyempatkan diri secara lansung untuk dapat hadir ditengah-tengah siswa-siswa, hal ini dapat dilihat ketika beliau berada diruangan siswa  kelas II MIN Kapencong Kab. Pesisir Selatan. Dengan senang dan bersemangat Kakanwil H. Ismail Usman dalam memberikan spirit kepada siswa-siswa tersebut, siswa-siswa kelas II MIN Kapencong tersebut sangat senang. Jika kita relis apa yang disampaikan oleh Zakiyah Darajat “sentuhan nurani seorang pimpinan pada bawahan, ini akan  membuat perubahan yang luar biasa dalam diri seorang bawahanya, dan jika itu dilakukan orang tua  pada anaknya, anak akan belajar bagaimana  prilaku orang tuanya”. 

Disamping itu H. Ismail Usman juga merupakan sosok yang  perlu diteladani dalam berbagai hal, terutama dalam menjaga  dan menunaikan ibadah kepada Allah SWT. Beberapa kali   Kakanwil  sering melaksanakan puasa sunah dan shalat dhuha’ di kantor dan rumahnya.  Yang  menarik perhatiannya, bukanlah tata cara puasa dan sunat shalat  beliau lakukan, melainkan tata cara beliau melayani tamu-tamunya, beliau orang yang ramah, muda senyum, bahkan sampai diluar jam dinas kantor, tapi beliau masih senang dapat melayani umat, karena begitu banyaknya tamu-tamu belau yang simpatik untuk ingin menemui beliau. H. Ismail Usman, seorang kepala Kantor Wilyah dengan wilayah  begitu luas yang membentang luas dari batas Sumatera Utara, Riau, Jambi dan di selatan berbatasan dengan Bengkulu, telah berhasil merintis program-program yang starategis dan prioritas, serta memberikan perhatian yang luar biasa terhadap siswa madrasah. 

Dalam berbagai pertemuan dengan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab/kota dan Kepala Madrasah di Sumatera Barat beliau selalu mengingatkan untuk selalu meningkatkan kinerja, sehingga out put kerja akan lebih efektif dan efesien dalam memberdayakan pelanggan, baik pelanggan internal maupun pelanggan external.  Sedangkan pada pimpinan madrasah beliau berharap dan selalu memotivasi kepala madrasah dan guru, agar selalu memprioritaskan mutu pembelajaran dan kualitas madrasah.  

Kepedulian Kakanwil H. Ismail Usman tersebut pada peningkatan mutu pembelajaran dapat dilihat secaranya, terutama ketika berada disekitar siswa MIN Kapencong Bayang Kabupaten Pesisir Selatan, memberikan semangat  kepada untuk selalu belajar dengan sungguh-sungguh dalam belajar agar terwujud cita-cita yang gembilang. Kata H. Ismail Usman negara ini membutuhkan orang-orang yang cerdas, yaitu cerdas fikir, cerdas zikir dan cerdas dalam prilaku dan karakter. Karena orang-orang yang cerdas dalam berfikir, zikir dan bekerja keraslah yang akan mampu membawa  perubahan terhadap peningkatan mutu pendidikan madrasah.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas saran dan komentar yang dikirimkan! Wassalam!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. FOKUS PESISIE. COM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger