Home » » Pengukuhan P3N dilingkungan Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2012

Pengukuhan P3N dilingkungan Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2012

Written By yurdinal ma on Minggu, 01 April 2012 | 23.28


Painan, blogsot.com, (02/04/2012) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan Drs.H. Damri Tanjung, MA melantik  sebanyak 29 orang Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N) dilingkungan Kantor Kemneterian Agama Kabupaten Pesisir Selatan. Berdasarkan Surat Kepeutusan Kepala Kankemenag Pessel Nomor : Kd.03.01/2/KP.00.2/499/2012 tanggal  30 Maret  2012 tentang Pengankatan Pegawai Pencatat Nikah (P3N) dilingkungan Kantor Kementerian Agama kabupaten Pesisir Selatan. Adapun Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N)  yang dilantik oleh Kepala Kankemenag Kab. Pesisir Selatan Drs. H.  Damri Tanjung, MA, diantaranya : Syafrial, Iswandri, Khawair, Dasral, Basril Imam Pasah, Farial Yahya, Syafridul, Adnan Subir, Syafruddin, Martius, Erman umar, Nasrul, Afrison, Zulkifli , Usmaif, Hayaluddin, Jon Rusdi, Dian putra, Syafrin, Sfaruddin, Syufri, Gusman, Marsudi, Helikopter, M. Sadar, Lihawadis, Rinaldi dkk.       
             
Dalam arahannya Drs. H. Damri Tanjung, MA menegaskan bahwa dalam melaksanakan tugas Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N) bertanggung jawab kepada KUA, dan diberikan uang transpotari sesuai dengan peraturan yang berlaku. Tugas yang terpenting dari P3N adalah mengawasi pernikah dilingkungan dimana P3N bertugas, dan membuat laporan secara berkala kepada pada KUA setempat.
Lebih lanjut, H. Damri Tanjung  merelis bahwa:  Suasana kehidupan beragama di negara kesatuan RI, terutama di Kabupaten Pesisir Selatan, masih menjadi sebuah pertanyaan dari berbagai pihak-pihak tertentu, untuk menjawab dari berbagai pertanyaan tersebut Kementeian Agama meluncurkan program-program strategis, yaitu beberapa waktu yang lalu kita sudah melakukan loncing Magrib mengaji, hendaknya ini menjadi momentum sprit bagi kita dalam melaksanakan dan memotivasi  umat untuk kembali ke prinsip al-Qur’an dan Hadits.
Kemudian, H. Damri Tanjung berharap kepada P3N yang sudah dilantik, untuk dapat menunaikan  amanah yang diberikan oleh Menteri Agama, untuk itu apapun persoalan yang terkait dengan pernikahan dan itu semua sudah menjadi tanggung jawab kita bersama. Dan untuk itu jika ada permaslahan yang terjadi di masyarakat maka-nya P3N segera untuk melakukan koordinasikan, dikomfirmasikan, secara profesional kita carikan solusi, sehingga tidak ada imeks negatif yang berada dalam alam imajiner umat. Proses rekrutmen P3N ini dikaksanakan berdasarkan Instruksi Irjend Bimas Islam  Nomor: 113 Th. 2009, yaitu: Pejabat yang berwenang, tidak boleh memperpanjang , mengangkat  P3N  dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan sebelum mendapat izin dari Irjend Bimas Islam.
Selanjutnya, H. Damri Tanjung menstresing, P3N harus mampu mewarnai diri dengan Kementerian Agama, karena P3N merupakan bagian dari keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, untuk itu mari kita bersama-sama untuk membangun Kementerian Agama dalam  membimbing dan membangun umat yang sesuai dengan konsep al-Qur’an dan Hadist. Tugas-Tugas kita untuk membina anak-anak calon nikah, dengan memberikan bimbingan yang konduksif, sehingga tidak anak-anak kita  yang mengambil langkah yang tidak sesuai dengan adat, norma, nilai-nilai Islam. Disamping itu P3N harus mampu menjadi uswah (contoh) yang baik dilingkungan masyarakat jangan menjadi contoh yang tidak baik. P3N harus punya komitmen, capaiannya : a) diawali dengan sebuah niat yang tulus, bekerja dengan semangat ibadah, bekerja ikhlas, bekerja bersemangat, bekerja  Jujur dan anamah. b)  bekerja dengan sebuah pemikiran yang jernih (untuk mewujudkan idayah dari Allah SWT), c) bekerja dengan profesional, dan d) bekerja  dengan sakinah mawadah antar sesama P3N.  Kita harus memotivasi diri kita dalam menyuskseskan program-program Kemeneterian Agama yang menjadi program unggulan kementerian agama (magrib mengaji, kembali kesurau) untuk perlu dilakukan tindakakan yang aplikatif dimasyarakat.   Wassalam  
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas saran dan komentar yang dikirimkan! Wassalam!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. FOKUS PESISIE. COM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger