Home » » Panduan Seleksi Kreasi Model Pembelajaran

Panduan Seleksi Kreasi Model Pembelajaran

Written By yurdinal ma on Sabtu, 31 Maret 2012 | 23.59


SELEKSI KREASI MODEL PEMBELAJARAN

GURU BIDANG STUDI B. ARAB DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MADRASAH

SE PESISIR SELATAN TAHUN 2012

A.       Rasional  Permasalahan
Untuk mewujudkan Pendidikan Agama Islam (Al-qur’an Hadits, Fiqih, Aqidah Akhlak, SK) dan Bahasa Arab yang berkualitas pada madrasah, guru tersebut dituntut untuk memiliki kompetensi profesional , sehingga mampu  menyajikan pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan menyenagkan (PAIKEM). Kriteria model pembelajaran tersebut mengindikasikan  dan memposisikan  peserta didik  sebagai subjek yang berperan actor dalam pembelajaran. Sedangkan posisi guru adalah sebagai motivator yang dapat membuat peserta didik untuk belajar lebih aktif dan kreatif dalam mengembangkan kompetensinya.
Disamping itu, tugas dan fungsi guru Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab merupakan figur utama dalam menumbuh kembangkan nilai-nilai  ajaran agama Islam bagi peserta didiknya. Sebagai tenaga profesional guru Pendidikan Agama Islam (Al-qur’an Hadits, Fiqih, Aqidah Akhlak, SK) dan Bahasa Arab untuk selalu berkreasi dan berinovasi, sehingga berimplkikasi terhadap perubahan sikap dan prilaku peserta didik.
Sehubungan dengan tuntutan perubahan yang harus ditumbuh kembangkan guru tersebut, maka perlu dilaksanakan seleksi  Kreasi Model Pembelajaran bagi guru madrasah baik negeri maupun swasta se-Kabupaten Pesisir Selatan yang akan ditindaklanjuti pada tingkat Propinsi Sumatera Barat.
B.        Pengertian
Seleksi Kreasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Al-qur’an Hadits, Fiqih, Aqidah Akhlak, SK) dan Bahasa Arab yang dimaksud adalah gambaran dari model-model pembelajaran yang  menyenagkan, interaktif  dan sehingga lebih mengfungsikan peserta didik dalam aktivitas pembelajaran.
C.        Tujuan
1.       Memotivasi guru Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Al-qur’an Hadits, Fiqih, Aqidah Akhlak, SK) dan Bahasa Arab agar senantiasa meningkatkan kualitas pembelajaran.
2.  Meningkatkan wawasan guru Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Al-qur’an Hadits, Fiqih, Aqidah Akhlak, SK) dan Bahasa Arab dalam melakukan rekayasa pembelajaran.
3.   Meningkatkan kompetensi dan mutu guru Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Al-qur’an Hadits, Fiqih, Aqidah Akhlak, SK) dan Bahasa Arab melalui pendekatan partisipatif.
4.      Memberikan penghargaan   bagi guru-guru yang berprestasi (terbaik 1/satu) untuk mengikuti lomba kreasi model pembelajaran tingkat Propinsi Sumatera Barat.
D.        Target
1.   Terseleksinya kepala madrasah yang  punya komitmen dalam peningkatan mutu dan kualitas guru Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Al-qur’an Hadits, Fiqih, Aqidah Akhlak, SK) dan Bahasa Arab pada madsarah yang dipimpinya.
2.   Terseleksinya guru-guru Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Al-qur’an Hadits, Fiqih, Aqidah Akhlak, SK) dan Bahasa Arab pada madrasah tingkat Kab. Pesisir Selatan Tahun 2012.
3.  Terseleksinya  naskah-naskah kreasi model pembelajaran yang presentatif sehingga berkontribusi untuk peningkatan  mutu pembelajaran Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Al-qur’an Hadits, Fiqih, Aqidah Akhlak, SK) dan Bahasa Arab pada madrasah.
E.         Waktu
-          Penyampaian naskah    ke Kemenag Pessel     : tanggal, 20 April 2012           (Painan)
-          Informasi  terbaik  5 (lima) besar                     : tanggal, 01 Mei 2012             (Painan)
-          Presentasi  5 (lima) besar                                : tanggal, 04 Mei 2012              (Painan)
-          Informasi terbaik 1 (satu)                                : tanggal, 11 Mei 2012              (Painan)
-          Penyampai Naskah ke Provinsi Sumbar          : tanggal, 21 Mei 2012              (Padang)
-          Lomba tingkat ke Provinsi Sumbar                 : tanggal, 04 s/d 06 Juni 2012     (Padang)
F.         Kriteria Peserta
1.    Peserta adalah guru Pendidikan Agama Islam (Al-qur’an Hadits, Fiqih, Aqidah Akhlak, SK) dan Bahasa Arab pada madrasah baik negeri maupun swasta se-Kab. Pesisir Selatan.
2.       Belum pernah menjadi pemenang pada lomba yang sejenis.
3.    Disaranka kepala madrasah untuk melakukan sendiri seleksi di madrasah masing-masing  sebelum seleksi Kab. Pesisir Selatan.
4.       Masing-masing madrasah wajib mengirim 1 (satu) orang utusannya.
G.       Kriteria Naskah
Naskah Kreasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Al-qur’an Hadits, Fiqih, Aqidah Akhlak, SK) dan Bahasa Arab disusun secara naratif oleh guru yang bersangkutan dengan memberhatikan normatif sebagaiberikut :
1.       Materi didasarkan pada Standar Isi PAI dan Bahasa Arab (Permenag Nomor 2 Tahun 2008);
2.       Menampilkan pola interaksi antar guru dan pesrta didik;
3.       Menggunakan alat peraga dan media pembelajaran;
4.       Model pembelajaran pernah diaplikasikan di madrasah;
H.        Kerangka Naskah
Naskah diketik pada kertas kuarto sepanjang 7-15 halaman (tidak termasuk lampiran), jarak antar baris 1,5 spasi dengan sistematika sebagai berikut :
1.       Kata Pengantar;
2.       Daftar Isi;
3.       Pendahuluan (latar belakang permasalahan, manfaat);
4.       Nama Model Pembelajaran;
5.       Tujuan pembelajaran;
6.       Alat Peraga dan media pembelajaran yang digunakan;
7.       Standar Kompetensi/Kompetens Darar;
8.       Metode Pembelajaran;
9.  Langkah-langkah pembelajaran (menggambarkan skenario pembelajaran dan uraian materi  pembelajaran);
10.   Teknik evaluasi;
11.   Melampirkan data pendukung antara lain;
a.       RPP (rencana Pelaksanaan Pembelajaran).
b.      Tanggapan Peserta didik.
c.       Hasil Belajar PAI dan Bhs. Arab.
d.      Informasi lain yang dianggap perlu.
I.          Pengiriman Naskah
1.  Naskah Kreasi Model Pembelajaran dikirim ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan  di Seksi Mapenda rangkap 3 (tiga).
2.   Naskah yang dikirim ke panitia Propinsi dan panitia Pusat  tidak dikembalikan dan menjadi milik panitia yang bersangkutan.
3.   Naskah paling lambat telah sampai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan  di Seksi Mapenda tanggal 20 April 2012.
J.          Kriteria Penilaian Naskah
1.       Penilaian Naskah
a.       Sistimatika penulisan.
b.      Kesesuaian materi dengan judul.
c.       Kesesuaian dan kerangka metode pembelajaran.
d.      Statefi dan langkah pembelajaran.
e.      Kekayaan materi dan bahan ajar.
f.        Penggunaan alat peraga dan media pembelajaran.
g.       Ketepatan penulisan dan penggunaan ayat al-qur’an dan Hadits.
h.      Data  dan informasi pendukung.
i.         Penggunaan bahasa.
j.        Keaslian tulisan (orjinal).
2.       Penilaian Simulasi (khusus  5/lima besar)
a.       Penampilan.
b.      Kesesuaian penyajian materi dengan naskah.
c.       Penguasan konsep.
d.      Pengunaan media.
e.      Penggunaan bahasa.
f.        Data dan informasi yang mendukung.
g.       Sistematika penyajian.
h.      Relevansi jawaban dengan dengan pertanyaan penguji.
i.         Penguasaan teknologi.
3.       Penilaian Simulasi (khusus utusan ke propinsi).
a.       Penampilan.
b.      Penguasaan materi pembelajaran.
c.       Langkah-langkah pembelajaran.
d.      Penggunaan metode.
e.      Penggunaan alat peraga dan media pembelajaran.
f.        Pengelolaan kelas.
g.       Keaktifan peserta didik.
h.      Pembelajaran yang menyenangkan.
i.         Interaksi dalam pembelajaran.
j.        Penguasan teknologi informasi.
K.       Pengumuman
 Pengumuman dilakukan setelah seleksi  5  (lima) besar di Kabupaten Pesisir Selatan.
L.         Penetapan Pemenang
1.  Pemenag seleksi  akan ditetapkan melalui sidang penetapan pemenang setelah dilakukan penilain presentasi.
2.    Jumlah pemenang ditetapkan sebanyak 3 (tiga) orang pertingkat, yaitu Juara I, Juara II dan Juara III.
3.  Juara I untuk pertingkat (MI, MTs dan MA) berhak untuk mengikuti loma Kreasi Model Pembelajaran tingkat Propinsi Sumatera Barat Tahun 2012.
4.    Jika Juara I berhalangan patal untuk tidak dapat mengikuti lomba tingkat Propinsi Sumatera Barat, maka yang akan mengikuti adalah Juara II dan seterusnya.
M.      Penghargaan Pemenang
Pemenang seleksi tingkat Kabupaten Pesisir Selatan  akan ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, pemenang akan diberikan Piagam Penghargaan dan Tropy.
Sedangkan sesuai panduan Kanwil Kemenag Propinsi Sumatera Barat, bagi pemenang lomba Kreasi Model Pembelajaran tingkat Propinsi Sumatera Barat Tahun 2012, disamping Piagam penghargaan ditambah uang pembinaan yang masing-masing sebesar sebagai berikut :  Juara I  (Rp. 2.000.000,-), Juara II (Rp. 1.500.000,-) dan Juara III (Rp. 1.000.000,-), tiap tingkat (MI, MTs dan MA).
N.      Penutup
Demikianlah kami sampaikan panduan ini diinformasikan/dipedomani sebagaimana mestinya, atas bantuan dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Painan, 01 April 2012
Ketua Panitia

dto 

YURDINAL,  MA
197308121997031001

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas saran dan komentar yang dikirimkan! Wassalam!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. FOKUS PESISIE. COM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger